Cara & Hikmah Zakat Fitrah

Cara & Hikmah Zakat Fitrah - Hallo sahabat Islam Itu Indah, Kali ini kami sharing informasi yang berjudul Cara & Hikmah Zakat Fitrah, saya telah menyajikan informasi paling dicari terlenglap dan terupdate lengkap dengan semua informasi yang dibutuhkan dari awal sampai akhir informasi. InsyaAllah isi Informasi yang saya tulis ini dapat membantu anda. okelah, Yuksz kita simak, Baca sampai Akhir yaaa.

Informasi Islam Itu Indah kali ini mengenai : Cara & Hikmah Zakat Fitrah
Judul post : Cara & Hikmah Zakat Fitrah

lihat juga


Cara & Hikmah Zakat Fitrah

 Zakat Fitrah
Pengertian, Hikmah, dan Tata Cara Zakat Fitrah.
Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan karena tidak berpuasanya lagi orang yang berpuasa. Zakat fitrah ditunaikan Sebelum Shalat Id.

 
MENJELANG Idul Fitri, atau di akhir bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah (zakat fitri).

Fitri berarti tidak berpuasanya orang berpuasa. Fitrah artinya khilqoh atau sifat pembawaan dari lahir.

Zakat Fitrah disandarkan pada kata fithri karena kewajiban tersebut berkaitan dengan idul fitri, yang penunaiannya dekat dengan idul fitri bukan di awal atau pertengah bulan.

Zakat Fitrah dibayarkan oleh kaum Muslim yang memiliki kelebihan makanan bagi diri dan keluarganya pada hari terakhir Ramadhan dan malamnya.

Zakat tersebut ditunaikan oleh penanggung nafkah untuk dirinya sendiri serta orang-orang yang ia tanggung nafkahnya.
Bentuk zakat fitrah berupa makanan pokok dari negeri masing-masing sebanyak satu sha, yang diperkirakan sekira 2,157-3,0 kg. Umumnya, yang diterapkan di Indonesia adalah 2.5 kilogram beras.

Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan karena tidak berpuasanya lagi orang yang berpuasa. Zakat fitrah ditunaikan Sebelum Shalat Id.

Hikmah Zakat Fitrah
Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata:

"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri untuk menyucikan orang yang berpuasa dari perkataan yang sia-sia dan kata-kata kotor, juga untuk memberi makan pada orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat (‘ied), zakat tersebut diterima. Barangsiapa menunaikannya sesudah shalat, itu hanyalah dicatat sebagai sedekah biasa.” (HR. Ibnu Majah dan  Abu Daud).
 

Beberapa hikmah zakat fitrah:

  1. Untuk menyucikan orang yang berpuasa dari perkataan sia-sia dan kata-kata kotor serta catat (kekurangan) saat puasa. Jadilah kebaikan di hari raya menjadi sempurna.
  2. Untuk memberi makan kepada orang iskin dan mencukupi mereka sehingga tidak perlu meminta-minta di hari raya, sekaligus membahagiakan mereka di hari raya. Jadilah hari raya itu menjadi hari kebahagiaan.
  3. Bentuk saling berbuat memberi kebaikan antara orang kaya dan orang miskin di hari raya.
  4. Mendapat pahala karena telah menunaikan zakat pada yang berhak menerima di waktu yang telah ditentukan.
  5. Zakat fitrah adalah zakat untuk badan yang Allah tetapkan setiap tahunnya di hari raya Idul Fitri.
  6. Zakat fitrah adalah bentuk syukur setelah puasa itu sempurna.
Demikian Pengertian, Hikmah, dan Tata Cara Zakat Fitrah. Semoga kita mampu melaksanakannya dengan baik. Amin...! (http://www.risalahislam.com).*


Demikianlah Artikel Cara & Hikmah Zakat Fitrah

Sekian Informasi Cara & Hikmah Zakat Fitrah, InsyaAllah bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan saya untuk kali ini. Terimakasih.

Anda sedang membaca artikel Cara & Hikmah Zakat Fitrah dan artikel ini url permalinknya adalah https://baruislam.blogspot.com/2015/07/cara-hikmah-zakat-fitrah.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara & Hikmah Zakat Fitrah"

Posting Komentar