Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Benar

Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Benar - Hallo sahabat Islam Itu Indah, Kali ini kami sharing informasi yang berjudul Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Benar, saya telah menyajikan informasi paling dicari terlenglap dan terupdate lengkap dengan semua informasi yang dibutuhkan dari awal sampai akhir informasi. InsyaAllah isi Informasi yang saya tulis ini dapat membantu anda. okelah, Yuksz kita simak, Baca sampai Akhir yaaa.

Informasi Islam Itu Indah kali ini mengenai : Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Benar
Judul post : Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Benar

lihat juga


Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Benar

Pengertian Minal 'Aidin wal Faizin
Makna, Arti, Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Sebenarnya.
 
TANYA: Assalamu'alaikum. Kalo lebaran kita suka mengucapkan kata Minal 'Aidin wal Faizin. Apa artinya? Apakah artinya "Mohon maaf lahir dan batin"? Bagaimana cara menulisnya yang benar? Terima kasih...

JAWAB: Wa'alaikum salam wr wb. Ungkapan minal ‘aidin walfaizin ( من العاءدين و الفاءيزين ) memang biasa dirangkai dengan ucapan “mohon maaf lahir dan batin”, seolah-olah ungkapan minal aidin wal faizin mengandung arti “mohon maaf lahir dan batin” padahal bukan itu artinya.

Ungkapan minal ‘aidin wal faizin mengandung dua kata pokok, yaitu kata ‘aidin dan kata al-faizin.  
  1. ‘Aidin artinya “orang yang kembali”. Bentuk dasarnya adalah ‘id yang artinya kembali. 
  2. Al-Faizin artinya “orang-orang yang beruntung”, dari kata faza yang artinya keberuntungan atau kemenangan.

Menurut sebuah riwayat, ungkapan minal ‘aidin wal faizin diucapkan oleh para sahabat Nabi Muhammad Saw sekembalinya dari Perang Badar.

Pengertian Minal 'Aidin wal Faizin
Ungkapan itu diucapkan sebagai luapan bahagia sepulangnya dari medan perang seraya membawa keberuntungan karena dapat menjadi pemenang dalam peperangan itu.

Lengkapnya, ungkapan itu adalah sebuah doa: Allahumaj ’alna minal ’adin wal faizin, ”Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang”. Maka, sambutlah dengan ucapan ”Amin” atau "Taqobbal Ya Karim" jika seseorang menyalami kita sambil mengucapkan kalimat tersebut.

Kesimpulan
Ungkapan Minal 'Aidin wal Faizin artinya "Ya Allah, jadikanlah kami golongan orang-orang yang kembali dan menang".

Perhatkan pula cara penulisannya yang benar: Minal 'Aidin wal Faizin. Wallahu a'lam bish-shawabi. (http://www.risalahislam.com).*


Demikianlah Artikel Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Benar

Sekian Informasi Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Benar, InsyaAllah bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan saya untuk kali ini. Terimakasih.

Anda sedang membaca artikel Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Benar dan artikel ini url permalinknya adalah https://baruislam.blogspot.com/2015/07/pengertian-penulisan-minal-wal-faizin.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Benar"

Posting Komentar